Pages

Jumat, 18 Februari 2011

Menjadi guru inspiratif

profesi guru adalah sebuah profesi yang menuntut kecermatan, sama layaknya seperti profesi lain yang menuntut ketelitian, kecermatan karena yang kita hadapi adalah siswa calon pemili masa depan. ada beberapa hal atau sifat yang harus dimiliki oleh seorang pendidik, yaitu diantaranya ;
1. fleksibel, dibutuhkan jiwa-jiwa pendidik yang fleksibel alias tidak kaku. pembelajaran dikelas dikelola dengan dialogis dengan melibatkan siswa dalam pengambilan keputusan. tetapi tidak semua keputusan harus didiskusikan dengan siswa, ada beberapa keputusan yang memang wewenang guru dan tidak melibatkan partisipasi siswa. guru menampilkan pribadinya yang supel tidak kaku,  karena kekakuan sikap guru kemudian ditambah lagi jika guru kurang bisa menyelami perasaan siswa, malah akan membuat siswa jauh dari guru dan kemudian tidak menyukai pelajaran yang diajarkan.
2. optimis, guru dalam mengelola pebelajaran dikelas harus mampu menampilkan wajah optimis. dijelaskan kepada siswa bahwa kita mampu menguasai pelajaran tersebut. wajah yang ceria dengan sesekali melontarkan candaan ringan bisa membuat suasana kelas menjadi hidup.
3. respek, sikap respek terhadap siswa harus ditampilkan oleh guru baik itu dadalam kegiatan pembelajaran maupun diluar kelas. sikap ini bisa menambah rasa percaya diri siswa baik ketika dia dalam keadaan normal ataupun dalam keaadaan tidak biasa (ada masalah atau tidak mampu mengikuti ritme pembelajaran).
4. humoris, pribadi yang riang didalam melakukan pembelajaran bersama siswa dapat membuat siswa rileks dalam melakukan kegiatan pembelajaran. wajah-wajah guru yang suka marah dan menghukum siswa malah justru akan semakin menjauhkan siswa dari guru, usahakan sikap ramah dan tidak menggunakan kata kasar ketika meneggur siswa bila terjadi kesalahan.
5. walaupun dalam panduan yang mengharuskan semua peserta didik mengikutinya, guru juga harus menemukan banyak ide-ide baru yang dapat memancing siswa terinspirasi untuk menemukan hal-hal baru dan lebih memahami pengetahuan yang disampaikan guru.
6. lembut, sikap guru yang lembut mengajarkan siswa untuk bisa bersikap yang sama ketika siswa berinteraksi dalam pergaulan hidupnya. khususnya ketika mereka terjun kedalam masyarakat yang sesungguhnya, mereka dapat memperlihatkan sikap yang lemah lembut.
7. disiplin, sikap disiplin disini tidak selalu merajuk kepada waktu kedatangan saja. tetapi dalam berbagai hal, sehingga guru menjadi panutan siswanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar