Pages

Sabtu, 19 Februari 2011

manajemen pendidikan

menurut E.Mulyasa (2007), manajemen pendidikan merupakan proses pengembangan kegiatan kerja sama sekelompok orang untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. proses kegiatan pengendalian kelompok tersebut mencakup perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan pengawasan (controlling) sebagai suatu proses untuk menjadikan visi menjadi aksi.
engkoswara (2001), mengemukakan bahwa manajemen pendidikan adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana menata sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara produktif dan bagaimana menciptakan suasana yang baik bagi manusia yang turut serta dalam mencapai tujuan yang disepakati bersama.
menurut nawawi (1989), manajemen pendidikan adalah suatu sistem pengelolaan dan penataan sumber daya pendidikan seperti tenaga pendidik, peserta didik, masyarakat, kurikulum, dana (keuangan), sarana dan prasarana pendidikan, tata laksana dan lingkungan pendidikan.
soepardi (1988) mengungkapkan bahwa garapan manajemen pendidikan meliputi bidang organisasi kurikulum, perlengkapan pendidikan, media pendidikan, personil pendidikan, hubungan kemanusiaan, dan dana finansial (keuangan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar