Pages

Sabtu, 19 Februari 2011

urgensi kepemimpinan pendidikan

lembaga pendidikan membutuhkan seorang pemimpin, sebab pemimpin itu adalah motor penggerak dan inspirator dalam merancang dan mengerjakan kegiatan. pemimpin tidak hanya sebagai menejer, tetapi ia juga harus menjadi seorang pembangun mental, moral, spirit, dan kolektivitas kepada bawahanya.
seorang pemimpin tidak hanya menggunakan aturan tertulis tetapi juga sikap peerilaku, sepak terjang dan keteladanan dalam melakukan agenda transformasi ke arah yang lebih baik.
seorang pemimpin tidak bolah menganggap bawahanya sebagai objek ekploitasi, tetapi seorang pemimpin harus bisa menjadikan para bawahannya sebagai teman atau mitra kerja yang secara bersama-sama ikut serta dalam proses pencapaian tujuan seperti yang telah ditentukan sebelumnya.
A. Hakikat Pemimpin
pada hakikatnya seorang pemimpin adalah seseorang yang mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi orang lain didalam kerjanya. pemimpin yang baik memiliki sifat-sifat ;
1. memiliki kepribadian yang cocok melaksanakan tugas memimpin.
2. memperhitungkan faktor situasi dalam melaksanakan kepemimpinan.
3. melaksanakan transaksi antara dia sebagai pemimpin dengan orang-orang yang dipimpin, yaitu mengusahakan suatu kesepakatan bersama.
(Jamal Ma'mur Asmani).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar