Pages

Minggu, 02 Maret 2014

Meningkatkan kinerja guru

Dalam sebua organisasi sekolah peran seorang kepala sekolah sangat penting dalam menjaga kinerja bawahannya agar selalu berada pada level top performance/kinerja tingggi. seorang kepala sekolah harus mampu menjadi motivator bagi para  bawahannya dengan selalu memberikan supervisi dan bimbingan kepada bawahannya. dalam buku yang berjudul Applying Psychology : individual and organizational effectiveness, Andrew du brin mengatakan bahwa kinerja tinggi itu ditunjang oleh dua faktor, yang pertama adalah motivasi dimana motivasi kerja si bawahan yang tinggi akan membuat passion bekerja mereka juga tinggi. untuk itulah seorang pemimpin harus mampu men-drive motivasi bekerja anak buahnya dengan memberikan reward berupa pujian atau bonus kepada bawahan yang telah menyelesaikan tugas dengan baik atau bahkan bila ada anak buah yang mempunyai kinerja melebihi atas apa yang telah dibebankan kepada dirinya karyawan tersebut bisa diberikan percepatan kenaikan pangkat atau jabatan. dan yang kedua adalah ability (kemampuan), kemampuan seorang pimpinan memberikan tugas yang sesuai antara tugas yang diberikan dengan kempuan si bawahan maka akan timbul kepercayaan diri dari bawahan untuk mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik (The expectancy Theory of motivation) . pemberian tugas yang tidak sesuai atau beban kerja yang terlalu berat akan menimbulkan tekanan atau stress kerja bagi bawahannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar